Cara Memilih Pinjaman Online Bunga Rendah, Cepat, Tepat dan Aman

Mengapa pinjaman online jadi banyak pilihan saat ini? Alasan yang paling banyak dikemukakan adalah simpelnya pengajuan pinjaman. Iya, hanya lewat aplikasi saja, kita sudah bisa mendapatkan pinjaman uang dengan cepat dan mudah.

Kemudahan ini membuat banyak orang mengandalkan pinjaman online sebagai solusi modal usaha hingga kebutuhan konsumsi. Pada dasarnya, dana dari pinjaman online dapat digunakan untuk segala kebutuhan peminjam.

Apalagi saat sedang dalam kondisi terdesak, seringkali kita membutuhkan dana darurat. Pinjaman online adalah salah satu solusi jitu. Sebab, kita tak perlu menunggu hingga berminggu minggu untuk mendapatkan uang. Inilah sebabnya banyak yang menggunakan dana dari pinjaman online untuk kebutuhan dana tambahan pendidikan, hingga kebutuhan lainnya.

Namun, kita juga perlu hati-hati, sebab tidak semua pinjaman online aman. Sudah beberapa kali banyak orang yang mengalami pencurian data hingga kekerasan tertentu karena memilih pinjaman online yang ilegal. Belum lagi data pribadi yang diambil tanpa izin dan bunga tinggi yang menjerat.

Dengan begitu, sebaliknya jika kita memilih pinjaman online yang aman, kita bisa terhindar dari beberapa hal yang tidak menyenangkan itu kok. Penyedia pinjaman online yang aman tidak akan melakukan kekerasan ataupun penyalahgunaan data nasabah untuk menagih hutang. Mereka mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah, dan nasabah pun terlindungi hak-haknya.

Jadi akan lebih baik kalau kamu bermaksud mengajukan pinjaman online, ketahui dulu cara yang tepat untuk mendapatkan pinjaman online yang aman, dan tepat seperti berikut ini.

1. Pinjaman Online Terdaftar

Salah satu hal yang sangat penting saat kamu akan mengajukan pinjaman online maka kamu harus memastikan bahwa pinjaman online tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin. Pinjaman online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan relatif lebih aman untuk kamu.

Pinjaman online yang sudah terdaftar ini mematuhi aturan yang telah ditetapkan OJK seperti diantaranya tidak boleh melakukan pencurian data dan aturan tersebut juga dilindungi undang-undang.

Akan tetapi kamu juga harus tetap update dengan segala informasi ya sebab ada juga pinjaman online yang sudah dicabut izin dan legalitasnya dari OJK. Pinjaman online yang izinnya sudah dicabut ini biasanya sudah melakukan pelanggaran atau tidak mematuhi aturan yang telah berlaku. Jadi pastikan pinjaman online yang akan kamu pilih ini merupakan pinjaman legal dan masih memiliki izin yang berlaku.

2. Cek Bunga Pinjaman

Setiap pinjaman online memiliki bunga yang berbeda. Suku bunga yang ditetapkan biasanya juga berbeda. Rata-rata pinjaman online akan menilai dari berbagai aspek kelayakan kredit untuk memberikan suku bunga pada peminjam.

Kamu hanya perlu memastikan, soal bunga dan cicilan ini transparan di awal. Sebab pinjaman online terpercaya akan memberikan informasi dengan sejelas jelasnya. Biaya yang dibebankan juga masuk akal, dan mengikuti aturan yang telah berlaku. Adapun suku bunga yang ditawarkan  bisa mencapai 2 persen hingga 4 persen dalam sebulan.

Nah, kalau kamu mengetahui sejak awal bunga yang akan dibebankan, pengaturan keuangan pun jadi lebih mudah setiap bulannya.

3. Cek Waktu Pinjaman

Pinjaman online biasanya memiliki tenor pinjaman yang pendek. Hal ini justru bisa menjadi kelebihan buat kamu juga. Sebab, kamu akan lebih cepat melunasi hutang, tidak terjerat terlalu lama. Apalagi jika kamu punya rezeki lebih dan bisa membayar hutang lebih awal, kamu tak bakal kena biaya pelunasan dipercepat.

Sebaliknya kalau kamu telat membayar, denda yang dibebankan bisa cukup besar. Pasalnya denda pinjamannya terhitung tinggi. Jadi, usahakan selalu tepat waktu tiap membayar hutang pinjaman kamu ya.

4. Cek Lokasi Kantor dan Website

Kamu patut curiga loh kalau penyedia pinjaman online enggak punya alamat yang jelas. Begitu juga laman situsnya tidak ada. Wah, jangan sampai terjebak deh.

Pinjaman online terpercaya punya alamat kantor yang jelas dan website resmi. Kamu bisa mencarinya di maps untuk melihat apakah benar penyedia pinjaman online ini benar-benar eksis. Namun, ada cara yang lebih mudah lagi untuk melihat berbagai jenis penyedia pinjaman online yang resmi dan aman, yaitu di Cekaja.com.

5. Persyaratan Pengajuan Pinjaman

Jika kamu ingin mendapatkan pinjaman online, siap siap dengan beberapa persyaratan pengajuan yang diberikan oleh penyedia pinjaman. Beberapa syarat yang cukup umum seperti KTP, penghasilan minimum bulanan, NPWP hingga lokasi tempat tinggal.

Kamu harus curiga jika pinjaman online menerapkan syarat yang terlalu mudah seperti hanya KTP saja. Jangan terlalu terlena dengan kemudahan syarat yang ditawarkan, karena belum tentu pinjaman online tersebut aman. Salah-salah malah data pribadi kamu dibocorkan karena kurang berhati-hati. Jadi, tetap waspada agar kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan aman ya.

6. Ajukan Secara Online Lebih Mudah

Saat ini mengajukan pinjaman online lebih mudah dilakukan, hanya lewat ponsel saja. Kamu enggak perlu ribet datang ke kantor mereka satu persatu untuk mendapatkan berbagai informasi terkait bunga, besar cicilan, hingga syarat yang diajukan. Pengajuan dan verifikasi juga dilakukan melalui online saja.

Namun, tidak semua pengajuan pinjaman bisa kamu dapatkan, karena penyedia pinjaman juga pasti melihat bagaimana skor kredit kamu sebelumnya.

Mau cara yang lebih mudah lagi? Kamu juga bisa membandingkan setiap pinjaman online untuk mendapatkan pilihan pinjaman yang tepat seperti kebutuhan. Mudah banget, cek aja semua pinjaman online terpercaya di sini https://www.cekaja.com/pinjaman-online.