Pinjaman Tanpa Jaminan

Memiliki rumah yang nyaman adalah impian semua orang. Terutama bagi mereka yang sudah memiliki keluarga dan memikirkan masa depan secara mapan. Memiliki rumah sendiri memang suatu hal yang membuat hati lebih tenang dan senang, meski tak selalu besar, rumah yang nyaman akan membuat kita lebih senang mendiaminya. Terkadang pinjaman tanpa jaminan menjadi salah satu jalan untuk renovasi rumah idaman.

Namun memiliki rumah juga harus mau melakukan perawatan, karena rumah yang sudah bertahun-tahun didirikan tidak akan terhindar dari masalah atau kerusakan. Hal ini bisa disebabkan karena cuaca di Indonesia yang sering berubah atau cuaca yang ekstrem menyebabkan ketahan bangunan rumah bisa menjadi rapuh. Renovasi rumah menjadi pilihan jika sudah terlihat beberapa kerusakan pada bangunan.

Saat ini kita tahu, bahwa dalam merenovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Harga tukang yang mahal dan harga material bahan bangunan yang meningkat tentu saja menjadi salah satu penyebabnya. Ini akan menjadi masalah jika kita tak punya tabungan untuk biaya renovasi rumah. Salah satu jalan keluarnya adalah mengajukan pinjaman ke bank baik itu pinjaman dengan jaminan atau pinjaman tanpa jaminan. Bank-bank besar di Indonesia sudah banyak yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan yang bisa kita ambil. Karena pinjaman tanpa jaminan ini sifatnya fleksibel maka kita bisa pakai untuk biaya renovasi rumah. Dengan merenovasi rumah kita sebenarnya juga sedang menstabilkan nilai jual rumah. Ini adalah asset yang kita punya. Akan sayang sekali jika rumah tidak dirawat.

Biaya untuk renovasi rumah memang cukup besar mengingat banyak bahan bangunan yang harganya selalu naik. Maka dari itu mengambil pinjaman tanpa jaminan adalah hal yang tepat. Jumlah dana yang bisa dipinjmankan pada pinjaman tanpa jaminan juga cukup besar. Dana ini bisa merealisasikan keinginan kita merenovasi rumah. Untuk bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan ke bank biasanya kita hanya membutuhkan syarat riwayat kredit yang bagus. Artinya kita tidak pernah ada kredit macetuntuk setiap pinjaman yang kita ambil sebelumnya. Tapi jika kita mempunyai riwayat buruk dalam pinjaman biasanya pihak bank akan langsung menolaknya.

Biasanya bunga pinjaman tanpa jaminan lebih tinggi jika dibanding pinjaman lainnya. Hal ini disebabkan karena untuk meminjamkan uang tanpa jaminan dengan jumlah yang besar adalah resiko yang cukup tinggi bagi pihak bank. Proses pinjaman tanpa jaminan juga cukup cepat. Paling tidak dibutuhkan waktu 7 hari kerja mulai dari pengajuan sampai pencairan dana pinjamannya. Jika kita memiliki rencana mengambil pinjaman tanpa jaminan untuk merenovasi rumah biasanya kita akan dimintai kartu kredit dan riwayat pembayarannya. Jika itu bagus maka kemungkinan akan segera mendapatkan pinjaman tanoa jaminan.

Tetapi sebelum kita memutuskan meminjam pada bank kita harus pertimbangkan hal-hal dibawah ini:

Besarnya dana pinjaman

Pinjaman tanpa jaminan untuk beberapa bank dibatasi limitnya hanya sampai nominal dua ratus juta. Ini adalah jumlah yang sesuai untuk membiayai renovasi rumah yang tidak begitu besar. dalam merenovasi rumah hal yang sangat penting adlaah membuat anggaran renovasi. Jadi sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan ke bank, kita sudah tahu berapa besar kebutuhan kita yang sudah disesuaikan dengan kemampuan membayar kembali cicilannya. Jika kita asal-asalan dalam merenovasi rumah bisa jadi biayanya akan tambah banyak. Apalagi jika ditambah sudah mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, kita harus sembari membayar cicilannya. Jika kita tak cermat dalam perhitungan bisa jadi malah hutang yang menumpuk dan rumah belum selesai direnov. Maka dari itu sesuaikan besar dana yang akan dipinjam dengan kemampuan kita membayar cicilannya.

Besarnya pendapatan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dalam memberikan pinjaman tanpa jaminan pihak bank akan memeriksa riwayat kredit kita seperti kartu kredit/rekening koran dan pendapatan kita. Untuk menjaga kondisi keuangan kita selalu baik ada banyak caranya. Karena kita sendiri yang paling tahu kondisi keuangan kita sebenarnya, jika besarnya pendapatan kita tak bisa memenuhi cicilan kredit kita ada baiknya kita tunda dulu mengajukan pinjaman tanpa jaminan untuk renovasi rumah. Saat melakukan renovasi rumah biasanya selalu ada biaya-biaya yang tak terduga yang makin menambah biaya renovasisecara keseluruhan. Jika kita sudah bisa mengatur dengan benar bagaimana pengeluaran kita termasuk membayar cicilan kredit maka mengambil pinjaman tanpa jaminan menjadi tidak masalah bukan?

Pilih bank yang tepat

Banyaknya produk pinjaman tanpa jaminan dari bank membuat kita juga harus berpikir keras untuk memilih pinjaman dari bank yang tepat. Karena setiap produk pinjaman memiliki aturan yang berbeda-beda dari setiap bank. Lebih baik kita mencari informasi sebanyak yang kita mampu sebelum memilih produk pinjaman tanpa jaminan dari bank mana yang akan kita ambil. Pilih bank yang menawarkan suku bunga paling rendah serta bunga yang tetap. Mungkin ada beberapa bank yang mengubah kebijakan untuk tahun kedua dan berikutnya yang menyesuaikan dengan kondisi perekonomian. Satu tips dari kita adalah jangan pilih jangka waktu yang terlalu lama untuk pembayaran karena jika ada lonjakan suku bunga maka pinjaman kita malah semakin besar.

Ketika sudah mendapatkan pinjaman tanpa jaminan untuk renovasi rumah jangan lupa untuk selalu membayar cicilannya tepat waktu. Selain membantu nilai kredit kita, membayar tepat waktu juga menghindari denda yang ditimbulkan karena terlambat. Nah setelah tahu poin-poin diatas semoga kita bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan yang tepat untuk renovasi rumah kita.

Segera ajukan pinjaman tanpa jaminan di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan untuk renovasi rumah kesayangan Anda. Dapatkan bunga serta cicilan ringan melalui pengajuan online di CekAja.com!